Apa itu LDR

Apa itu LDR
Mungkin dari kita ada yang belum tau apa itu LDR. LDR yang ini bukan Long Distance Relationship  lo hehe, LDR yang kita maksud yaitu Sensor LDR (Light Dependence Resistor). Dari kepanjangan itu sendiri dapat diartikan secara sederhana bahwa LDR yaitu salah satu komponen elektronika (yaitu resistor) yang nilai resistansi/tahanannya berubah sesuai dengan perubahan cahaya yang diterima oleh sensor tersebut atau bisa disingkat resistor peka cahaya.

Tampilan fisik dan Simbol LDR

LDRBahan penyusun LDR
LDR terdiri dari sebuah  piringan baan semikonduktor dengan dua buah elektroda pada permukaannya.

Proses kerja LDR
Karena bergantung  cahaya maka LDR sangat terpengaruh pada kondisi cahaya gelap, redup atau terang, Dalam gelap atau di bawah cahaya yang redup, bahan piringan hanya mengandung electron bebas dalam jumlah yang relative sangat kecil. Hanya tersedia sedikit electron bebas untuk mengalirkan muatan listrik. Hal ini berarti bahwa bahan bersifat sebagai konduktor yang buruk untuk arus listrik. Dengan kata lain nilai tahanan bahan sangat tinggi.

Dibawah cahaya yang cukup terang, lebih banyak electron dapat melepaskan diri dari atom-atom bahan semikonduktor ini. Terdapat lebih banyak electron bebas yang dapat mengalirkan muatan listrik. Dalam keadaan ini, bahan bersifat sebagai konduktor yang baik. Tahanan listrik bahan rendah. Semakin terang cahaya yang mengenai bahan, semakin banyak electron bebas yang tersedia, dan semakin rendah pula tahanan listrik bahan.

Pemanfaatan LDR

  1. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi cahaya lampu yang menyala pada rumah adalah LDR (Light Dependent Resistor). Hal ini bertujuan dalam penghematan energi listrik  ketika lampu menyala pada siang hari. Apabila sensor LDR mendeteksi Iluminasi cahaya matahari, maka secara otomatis lampu akan mati. Resistansi.LDR akan berubah seiring dengan perubahan Iluminasi cahaya yang mengenainya atau yang ada disekitarnya. Dalam keadaan gelap resistansi LDR sekitar 10M? dan dalam keadaan terang sebesar 1K? atau kurang. LDR terbuat dari bahan semikonduktor  seperti kadmium sulfida. Dengan bahan ini energi dari cahaya yang jatuh menyebabkan lebih banyak muatan yang dilepas atau arus listrik meningkat. Artinya resistansi bahan telah mengalami penurunan. Respon dari rangkaian transistor akan sangat tergantung pada nilai LDR yang digunakan. Lebih tinggi nilai tahanan nya  akan lebih cepat respon rangkaian.
  2. Sensor untuk robot line following atau line tracer.
  3. Sensor pada solar sell.
  4. Sensor keamanan rumah.
  5. dll

Leave a Reply