Apa itu PLC dan prinsip kerja PLC (seri belajar PLC)

prinsip kerja plc

Sebuah PLC berisi  CPU (central processing unit) atau otak dari plc yang berisi sebuah aplikasi program, modul interface input dan output yang terhubung secara langsung ke field I/O devices dan lebih lengkapnya PLC dapat diartikan  sebuah alat kontrol yang bekerja berdasarkan pada pemrograman dan eksekusi instruksi logika. PLC mempunyai fungsi internal seperti timer, counter dan shift register. PLC beroperasi dengan cara memeriksa input dari sebuah proses guna mengetahui statusnya kemudian sinyal input ini diproses berdasarkan instruksi logika yang telah diprogram dalam memori. Dan sebagai hasilnya adalah berupa sinyal output. Sinyal output inilah yang dipakai untuk mengendalikan peralatan atau mesin. Antarmuka (interface) yang terpasang di PLC memungkinkan PLC dihubungkan secara langsung ke actuator atau transducer tanpa memerlukan relay.

Struktur PLC dapat dibagi ke dalam empat komponen utama :

1.    Antarmuka ( interface ) input

2.    Antarmuka ( interface ) output

3.    Prosessing Unit ( CPU- Central Prosessing Unit )

4.    Unit memori

Arus informasinya dalam PLC akan mengikuti jalur yang sederhana seperti dibawah ini :

1.    CPU akan membaca “ unit memori “

2.    Memeriksa status “ Antarmuka input “

3.    Memperbaharui status “ CPU “

4.    Memperbaharui status “ Antarmuka output “

Sedangkan prinsip kerja plc dapat diuraikan sebagai berikut : PLC merupakan peralatan elektronik yang dibangun dari mikroprosesor untuk memonitor keadaan dariperalatan input untuk kemudian di analisa sesuai dengan kebutuhan perencanan ( programmer) untuk mengontrol keadaan output. Sinyal input diberikan kedalam input card.

Ada 2 jenis input card, yaitu :

1. Analog input card

2. Digital input card

Setiap input mempunyai alamat tertentu sehingga untuk mendeteksinya mikroprosesor memanggil berdasarkan alamatnya. Banyaknya input yang dapat diproses tergantung jenis PLC- nya. Sinyal output dikluarkan PLC sesuai dengan program yang dibuat oleh pemakai berdasarkan analisa keadan input.

Ada 2 jenis output card, yaitu :

1. analog output card

2. digital output card

setiap ouput card mempunyai alamat tertentu dan diproses oleh mikroprosesor menurut alamatnya. Banyaknya output tergantung jenis PLC- nya. Pada PLC juga dipersiapkan internal input dan output untuk proses dalam PLC sesuai dengan kebutuhan program. Dimana internal input dan output ini hanya sebagai flag dalam proses. Di dalam PLC juga dipersiapkan timer yang dapat dibuat dalam konfigurasi on delai , off delai, on timer, off timer dan lain- lain sesuai dengan programnya. Untuk memproses timer tersebut, PLC memanggil berdasarkan alamatnya.

Untuk melaksanakan sebagai kontrol system, PLC ini didukung oleh perangkat lunak yang merupakan bagian peting dari PLC. Program PLC biasanyaterdiri dari 2 jenis yaitu ladder diagram dan instruksi dasar diagram, setiap PLC mempunyai perbedaan dalam penulisan program.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Apa itu PLC dan prinsip kerja PLC (seri belajar PLC)”

  1. Anonymous says:

    trims atas infonya.. sya mau tanya, "PLC mempunyai fungsi internal seperti timer, counter dan shift registe".. apakah yang dimaksud dengan shift register? terimakasih…

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.