Apa itu sistem kontrol (seri Belajar PLC)

Sebenernya apa itu PLC, mungkin banyak yang sudah tau. Tapi tutorial ini hanya bagi yang belum tahu, bagi yang tahu kalo ada yang salah mohon koreksinya y :). Tapi kok judulnya  “Apa itu sistem kontrol” bukannya ini membahas tentang PLC, tenang ini hanya sebuah pengantar untuk melihat sebuah hal yang lebih luas dan PLC berada di dalamnya yaitu dinamakan dengan sistem kontrol.

Langsung saja, PLC merupakan bagian kecil dari sebuah sistem kontrol. Sistem kontrol itu sendiri yaitu suatu kumpulan peralatan elektrik/elektronik, peralatan mekanik, atau peralatan listrik lainnya yang digunakan untuk menjamin stabilitas, akurasi, serta transisi yang halus sebuah proses atau aktivitas manufaktur. Bentuk dan penerapannya pada berbagai skala seperti pada pembangkit listrik, mesin-mesin industri sampai pada mesin pembuat ic semikonduktor dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Hal itu itu sebagai akibat dari kemajuan pesat teknologi, tugas kontrol yang rumit harus dicapai dengan sistem kontrol tingkat tinggi, yang bisa dicapai dengan sebuah PLC atau oleh sebuah komputer, dan perangkat yang lain.

Disamping insterfacing sinyal ke perangkat di lapangan (seperti Panel Operator, motor, sensor, switch, solenoid valve, dll), kemampuan komunikasi jaringan memungkinkan penerapan dalam skala besar dan proses koordinasi yang  lebih besar untuk mewujudkan fleksibilitas dan sistem control terdistribusi. Setiap satu komponen dalam sistem control memerankan permainan penting terlepas dari ukurannya. Misalnya seperti pada gambar dibawah . PLC tidak akan tahu kejadian disekitarnya tanpa perangkat sensor.

Dan jika perlu, sebuah komputer bisa diletakkan pada suatu area untuk mengkoordinasikan kegiatan dalam sebuah area. Intinya PLC merupakan satu bagian dari sebuah sistem kontrol jadi kalo misalnya kalo uda pada jago PLC jangan sombong ya n share sama yang lain ya… Biasanya yang udah jago gak mau ngajari yang lain (pengalaman penulis hehehe)  karena itu hanya SEBUAH BAGIAN dari sistem kontrol  dan yang penting lagi bahwa setiap komponen dalam setiap proses berperan penting dalam sebuah sistem kontrol jadi bukan hanya PLC yang penting tapi semua di dalamnya juga penting.

Mungkin ini dulu dari saya, nanti dilanjutin lagi y jadi kalo mau update selanjutnya bisa like fanpage atau artikel langganan lewat email…moga bermanfaat, bagi para master mohon koreksinya bila ada yang perlu dikoreksi . Trims…. Salam Soto Lamongan 🙂

Satu gagasan untuk “Apa itu sistem kontrol (seri Belajar PLC)

  1. Warsito Khan

    Lowongan Kerja :
    (1) Bagian Programmer PLC:
    Laki – Laki
    Lulusan D3/S1 Jurusan Teknik Elektro/Mesin
    Usia Mak : 35 Tahun
    Pengalaman minimal 1 tahun sebagai Programer PLC
    Menguasai Pemrogaman PLC ( diutamakan yang mahir Omron & Mitsubishi )

    (2) Bagian Designer & Drafter Engineering:
    Laki – laki
    Lulusan Minimum SMK Atau Sederajat
    Usia Maksimum : 35 tahun
    Pengalaman Minimum 1 tahun sebagai Drafter ataupun Designer
    Menguasai Solid Edge ataupun SOlidworks dengan baik

    Perusahaan kami yang bergerak dalam bidang pembuatan automation, special purpose machine, jasa machining dan fabrication.

    Kirim lamaran via pos ke :
    PT. Hans MANUFAKTURING INDONESIA
    Jl. Industri Selatan 7 Blok FF 1B
    Jababeka 2 Pasirsari Cikarang Selatan Bekasi 17530.
    atau ke hanshmi at yahoo dot co dot id

Tinggalkan Balasan