Display and print counter autonics with modbus communication

Aplikasi ini yaitu untuk menampilkan data counter autonics (8buah) pada sebuah display 7-segmen dengan komunikasi modbus rtu, counter autonics sebagai slavenya sedangkan mikrokontroler sebagai masternya, antara master dan slave menggunakan komunikasi RS485 half duplex. Pada sisi master juga dihubungkan dengan printer dengan koneksi paralel.

Aplikasi ini diterapkan pada industri untuk menghitung/counting barang serta dengan jam kerja dua shift (shift 1 dan shift 2).  Pada sisi master juga dihubungkan dengan 3 push button untuk setting, serta 8 push button untuk mengaktif/nonaktifkan sensor autonics. Master akan secara real time menampilkan data sensor autonics serta akan mencatat nilai counter pada waktu yang telah ditentukan(untuk merubah waktu tersebut yaitu pada menu setting) dan pada akhir waktu shift maka akan otomatis mencetak nilai counter yang telah disimpan pada jam-jam sebelumnya tersebut kemudian mereset nilai counter autonics menjadi nilai awal sesuai dengan set value.

Aplikasi ini juga mampu mendeteksi bila saat print terjadi error dengan menampilkan pada 7segmen bahwa printer error serta membunyikan buzzer. Serta bisa mencetak secara manual data counter pada shift 1 dan 2 yang terakhir.

Leave a Reply