image_thumb.png

Pengantar Electronics Workbench (EWB)

Electronics Workbench merupakan software dari Interactive Image Technology Ltd. Versi terbaru dari EWB terdiri dari :

1. Multisim yang digunakan untuk membuat layout rangkaian dan simulasi. Multisim mendukung sistem analog, digital, bahkan simulasi programmable logic.

 

2. Ultiboard untuk membuat layout PCB.

3. Ultiroute yang mampu membuat jalur-jalur PCB serta menempatkan komponen secara otomatis sehingga memudahkan kita dalam membuat PCB.

Ketiga software tersebut dipaket dengan nama Multisim. Namun diinternet kita bisa menemukan secara terpisah :D. Multisim merupakan software yang mudah digunakan. Karena didukung schematic capture dan database komponen yang lengkap maka kita bisa menggunakan multisim untuk simulasi rangkaian yang kompleks. Beberapa instrument virtual seperti multimeter, osiloskop, function generator, logic analyzer dan yang lain memungkinkan kita bereksperimen tanpa harus membeli instumen yang harganya cukup mahal tersebut. Dengan simulator yang standar dan integrasi software yang tinggi terdiri dari schematic editor, simulator SPICE dan on-screen wave forms membuat Electronics Workbench begitu mudah digunakan.

Dengn belajar secara simulasi kita tidak perlu menghabiskan banyak dana dan waktu untuk membeli IC atau komponen yang lain yang diperlukan, cukup duduk manis di depan komputer XD, Tidak perlu menyolder sehingga waktu kita tidak terbuang sia-sia. Tidak perlu membeli instrumen pengukuran karena semuanya sudah tersedia dalam simulasi. Namun hal tersebut tidak serta merta membuat kita untuk malas mengerjakan suatu projek elektronika. Karena praktek secara langsung akan memiliki rasa yang berbeda dibanding hanya sekedar simulasi :).

3 gagasan untuk “Pengantar Electronics Workbench (EWB)

Tinggalkan Balasan