Keuntungan Penggunaan PLC (Seri Belajar PLC)

Keunggulan plc

Sistem kontrol dengan PLC mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan sistem kontrol konvensional, yaitu :

  1. Sistem pengkabelan dapat dikurangi sampai dengan 80% bila dibandingkan dengan sistem kontrol konvensional (berbasis relay).
  2. Konsumsi daya PLC lebih rendah dibandingkan sistem kontrol konvensional.
  3. Fungsi diagnostic pada sistem kontrol dengan PLC dapat mendeteksi kesalahan dengan lebih mudah dan cepat/ mudah dalam troubleshooting.
  4. Jika dikehendaki perubahan pada urutan operasioal, proses atau aplikasi dapat dilakukan dengan lebih mudah, hanya dengan melakukan pergantian program, baik menggunakan handled atau dengan komputer/laptop tanpa merubah pengkabelan I/O lagi jika tidak diperlukan ada tambahan input atau output.
  5. Spare part atau suku cadang pada PLC, untuk relay dan hardware berupa timer bisa banyak dikurangi bila dibandingkan dengan sistem kontrol konvensional.
  6. Pada PLC produktifitas dapat meningkat hal tersebut terjadi karena  waktu siklus mesin yang sangat meningkat  disebabakan kecepatan operasi PLC dalam hitungan milidetik.
  7. Biaya banyak berkurang untuk sistem kontrol PLC bila dibandingkan dengan sistem kontrol konvensioanl dalam situasi ketika jumlah I/O yang banyak dan Fungsi kontrol yang kompleks.
  8. PLC memiliki kehandalan yang lebih tinggi dibandingkan relay mekanis dan timer.
  9. Hasil cetakan langsung dari program PLC dapat dilakukan dalam beberapa menit. Oleh karena itu hardcopy dokumen dapat dipelihara lebih mudah.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Anda mungkin juga sukaclose