Menghitung Jarak Detail Antar Komponen di Eagle

Menghitung jarak secara detail antar komponen di eagle merupakan salah satu kelemahan dari eagle, biasanya di eagle kalau yang saya tahu (untuk teman2 kalo ada cara lain bisa sharing disini) untuk menghitung jarak dilakukan secara manual dengan cara menampilkan grid bisa berupa titk/garis dan mensetting nilai antar titik atau garis dari situ kita bisa menghitung jarak antar komponen/part yang kita buat. Tentunya hal tersebut tidak efektif saat kita membutuhan penghitungan yang lebih detail dan kurang presisi. Kalo di dalam autocad kita akan dapat mengukur jarak antar komponen/part seperti dalam gambar berikut (dalam kotak merah): Meskipun begitu ada cara lain untuk menghitung jarak secara detail menggunakan eagle tapi sebelumnya saya akan memberi tahu cara untuk menampilkan grid dan mensetting jarak antar titik/dot yaitu sebagai berikut.

 

Jadi menurut gambar diatas diketahui cara menampilkan grid, Langsung saja untuk mengatasi cara menghitung jarak antar komponen secara detail sekala 0.01 mm cara ini saya ambil dari sebuah blog luar yaitu menggunakan library tertentu yang telah dibuat .

Pertama download filenya disini kemudian ekstrak file tersebut, copy file “CAD Ruler_EagleCad Gridrunner XL Metric V1 (Rupert Hirst 2011).lbr” dan masukkan pada folder ‘library’ di folder instalasi eagle yang biasanya di “C:\Program Files\EAGLE-5.0.0\lbr” selesai. Setelah itu buka/buat file eagle kemudian klik “add” kemudian cari komponen “CAD Ruler_EagleCad Gridrunner…” klik “Ruler” kemudian OK , maka hasilnya akan tampil sebagai berikut :

 

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada video berikut yang telah dibuat.

Trims untuk http://runawaybrainz.blogspot.com

Leave a Reply