Pemanfaatan Sistem Akuisisi Data untuk Inteligent Room System

Dalam projek ini sistem kontroller akan mengirimkan data sensor suhu ke PC melalui komunikasi serial RS232 sehinga keadaan suhu suatu ruangan dapat dimonitoring. Saat suhu tertentu akan menjalankan motor kipas dengan kecepatan tertentu sehingga sistem dapat bekerja otomatis serta dapat menghemat daya.

Data dari sensor suhu juga dapat dilihat secara langsung melalui LCD 16×2. Sistem dapat dimonitoring lewat PC, dan juga dapat mengontrol kecepatan kipas secara manual melalui PC sehingga PC secara garis besar berfungsi sebagai alat kontrol (manual dan otomatis) dan monitoring sistem. Berikut blok diagram sistem.

ROOM SYSTEM

  • Sensor LM35 = Sebuah sensor suhu yang tegangannya akan naik jika suhu meningkat, data tegangan ini akan diolah ke dalam sebuah ADC untuk dirubah menjadi digital
  • Mikrokontroler, fitur yang dipakai yaitu ADC (Analog to Digital Converter)  digunakan untuk mengkonversi sinyal analog dari sensor menjadi data digitial serta untuk penyimpan data hasil sensor.
  • PC = Digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan dunia luar dan sebagai pengolah data.
  • Motor/kipas = Alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan tertentu sesuai dengan kondisi tertentu dari sensor setelah mengalami beberapa pengolahan data dari user.


15 Comments

Leave a Reply