prototype  monitoring dan telecommad  keamanan perumahan

PROTOTYPE MONITORING DAN TELECOMMAD KEAMANAN RUMAH

Tingginya angka kriminalitas khususnya pencurian yang sering terjadi saat ini  menjadikan keamanan sebagai kebutuhan yang mutlak diperlukan. Selain hal tersebut tentunya  dengan pengaplikasian prototye sistem keamanan dapat digunakan sebagai pandangan awal dalam meminimalisir sedikit angka kriminalitas pencurian yang terjadi saat rumah dalam keadaan kosong.    

Pada proyek ini dibuat suatu prototype perintah melalui sms dan monitoring melalui sms dan PC, sensor passive infra red dipasang pada empat ruangan dalam rumah . dan sebagai output yaitu empat lampu dan sebuah motor sebagai simulasi penggerak gerbang. Sensor dan output tersebut dihubungkan dengan Atmega32 sebagai kontroller, sistem tersebut disebut dengan node dan dalam projek ini terdiri dari dua buah node. Kemudian untuk mengkomunikasikan kepengguna dan PC digunakan HP server pada node. Pada PC dihubungkan dengan modem GSM untuk menerima data dari kontroller tersebut.

Cara kerja dari sistem ini yaitu sensor PIR mendeteksi adanya gerakan. Setiap ada gerakan sistem mengirim sms ke user dan jika switch aktivasi pada sistem diaktifkan maka sistem selain mengirim sms keuser juga mengirim sms ke PC yang terhubung dengan GUI dan gammu dengan database MySQL. Pengujian sistem ini yaitu seberapa jauh PIR mendeteksi gerakan untuk sudut nol derajat terhadap objek dan seberapa besar sudut simpangan terhadap sensor dengan jarak PIR ke obyek tetap, PIR diapasang pada dinding tiap ruangan dan dipasang secara horisontal dan penggunaan format sms tertentu yang dikirim dari HP user untuk mengontrol output  dari kontroller dan membaca kondisi dari output tersebut.

Proyek ini secara umum terbagi menjadi tiga Bagian, yaitu :
1.    Perancangan Hardware dan Software pada Node.
Dalam proyek ini dibuat dua buah node. Tiap node ini terdiri dari kontroller yang terhubung dengan beberapa input (sensor) dan output serta terhubung secara serial dengan HP Server untuk mentransmisikan data dari dan ke user atau ke PC.

2.  Perancangan aplikasi GUI desktop sebagai Sms gateway menggunakan Visual Basic 6, Gammu dengan database menggunakan MySQL. Aplikasi ini berfungsi menerima data dari tiap node sehingga tiap node bisa dimonitor dengan baik.

3.    Perancangan sistem aplikasi web dengan pemrograman PHP dan terhubung dengan database MySQL. Aplikasi web ini berfungsi media untuk memonitor tiap node oleh tiap user pemilik node.

Komponen pengguna ini yaitu terdiri dari dua orang user memilik tiap node (node 1 dan node 2) yang dapat memonitor dan mengontrol aneka input dan output yang terhubung dengan kontroller melalui Handphone dengan nomor tertentu yang telah didaftarkan sebagai id dengan format SMS tertentu serta dapat memonitor sistem melalui Aplikasi Web. Dan pengguna yang lain yaitu seorang petugas yang berfungsi mengawasi atau memonitor tiap node melalui PC dengan syarat pemilik node memperbolehkan untuk dimonitor dengan mengaktifkan atau menonaktifkan switch aktifasi yang terhubung dengan kontroller pada node.
Berikut adalah blok diagram sistem secara keseluruhan pada proyek ini :


Gambar 1.  Blok Diagram Sistem

    Dari blok diagram diatas dapat diketahui cara kerja sistem yaitu
Node terdiri dari kontroller ATMega 32 dengan sebagai input yaitu :
1.    Empat buah sensor gerak (PIR)
2.    Limit switch
3.    Switch aktivasi
Sedangkan sebagai output yaitu :
1.    Empat buah lampu AC
2.    Sebuah Motor sebagai prototype penggerak pintu gerbang

Untuk transmisi datanya node dihubungkan dengan HP Server yaitu menggunakan HP SE T610.

Saat switch aktivasi kondisi off, node hanya bisa dikontrol dan dimonitor melalui handphone oleh user pemilik node sedangkan pada PC tidak dapat dimonitor karena sistem dalam keadaan nonaktif sehingga Petugas yang bertugas memonitor tidak dapat memonitor node tersebut.

User bisa mengontrol dan melihat kondisi sensor dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu ke HP Server dari tiap node. Sensor gerak menggunakan PIR KC7783R. Sensor PIR, tertentu yang memungkinkan dapat mudah mendeteksi adanya pergerakan orang. Disini sebagai prototype diletakkan seolah-olah pada empat ruangan yaitu teras, ruang utama, kamar 1 dan kamar 2. Dan motor sebagai prototype penggerak gerbang pintu dengan digabungkan dengan limit switch sebagai sensor untuk mendeteksi kondisi gerbang apakah dalam keadaan tertutup atau terbuka. Sedangkan sensor arus ac berfungsi untuk mendeteksi keadaan dari lampu apakah dalam keadaan on atau off. Switch aktivasi sendiri diletakkan tersembunyi dan diaktifkan secara manual oleh user pemilik node dalam kondisi tertentu seperti user saat keluar rumah.

Saat switch aktivasi kondisi On. Secara otomatis tiap perubahan kondisi sensor pada node dapat dimonitor oleh petugas melalui PC. User juga masih dapat memonitor dan mengontrol tiap node melalui handphone selain itu fitur untuk memonitor secara online melalui Web juga dapat dilakukan.

Tinggalkan Balasan