Apa itu arduino uno? pengertian arduino uno dan fitur fiturnya

Untuk yang baru belajar arduino, jenis arduino uno ini merupakan pilihan yang tepat untuk memulai tanpa tapi. Nama “Uno” itu sendiri berasal dari bahasa itali tempat lahirnya modul arduino ini dikenalkan ke publik. Seperti dibahas di artikel sebelumnya disini. Arduino uno adalah salah satu macam arduino dengan ciri utama yang menggunakan kontroler ATMega328p. Arduino uno itu sendiri ada dua model yaitu model yang SMD dan model yang DIP (lama). Yang SMD merupakan model terbaru relatif lebih murah dan yang model DIP merupakan model lama tapi memiliki keunggulan mudah dilepas ic nya.

Karena menggunakan kontroler ATMega328p, arduino uno ini memiliki 14 pin sebagai input dan output digital. Yang mana 6 pin bisa digunakan sebagai PWM, 6 input analog, menggunakan crystal eksternal 16 MHz sebagai sumber clock, koneksi USB, sebuah jack power, header ICSP, dan tombol reset. Ciri khas modul arduino uno seperti arduino lainnya yaitu kemudahan untuk memasukkan program hasil compiler di pc/laptop ke modul arduino via koneksi usb, sekaligus sebagai power daya sementara juga sebagai media untuk komunikasi serial dari dan ke pc karena terdapat chip FTDI driver USB-to-serial. Selain power dari usb bisa melai adaptor eksternal dengan output 7-12 VDC dihubungkan melalui jack power atau pin VIN, atau bypass pin 5 pada modul arduino uno.

arduino uno atmega328p pin mapping
arduino uno atmega328p pin mapping

Secara umum, spesifikasi arduino uno sebagai berikut:

  • Mikrokontroller: ATmega328P
  • Tegangan kerja : 5V DC
  • Tegangan input : 7-12V (Yang direkomendasikan)
  • Batas Teganan input : 20V (tidak direkomendasikan).
  • Jumlah pin Digital I/O :14 (6 bisa sebagai PWM output)
  • Jumlah Pin PWM Digital I/O : 6 pin
  • Jumlah pin input Analog : 6 pin
  • Arus DC per I/O Pin : 20 mA
  • Arus DC for 3.3V Pin : 50 mA
  • Memori Flash : 32 KB (ATmega328P) dengan 0.5 KB digunakan untuk bootloader
  • SRAM : 2 KB (ATmega328P)
  • EEPROM : 1 KB (ATmega328P)
  • Clock Speed : 16 MHz
  • Pin sebagai indikator led : pin 13 (LED_BUILTIN)
  • Ukuran panjang : 68.6 mm
  • Ukuran lebar : 53.4 mm
  • Berat : 25 g
Keterangan pin arduino uno
Keterangan pin arduino uno
skemati schematic arduino uno
skematic schematic arduino uno
Detail pinout arduino uno
Detail pinout arduino uno

A. Power atau Daya

Terdapat banyak pilihan untuk menyalakan arduino uno ini:

a. Menggunakan daya dari koneksi USB (dihubungkan ke pc/laptop/charger usb) nilainya kisaran 5V DC.

b. Mengunakan adaptor eksternal dengan output 6 sd 20 VDC dihubungkan ke arduino uno melalui konektor JACK POWER (2.1mm),direkomendasikan kisaran 7-12, meski 20 VDC masih mamput tapi itu adalah batas tegangan input (tidak direkomendasikan)

c. Mengunakan adaptor eksternal dengan output 6 sd 20 VDC dihubungkan ke arduino uno melalui konektor pin VIN dan GND , sama dengan b, direkomendasikan kisaran 7-12, meski 20 VDC masih mamput tapi itu adalah batas tegangan input (tidak direkomendasikan)

d. Menggunakan adaptor/power supply dengan output 5VD langsung dihubungkan melalui pin 5V dan pin GND, pin 5V dari arduino uno ini sebenarnya adalah pin output dari regulator dari pin VIN atau JACK POWER, jadi pilihan d ini adalah bypass langsung ke output regulator, harus benar2 dipastikan benar2 5V jika lebih dari itu akan merusak modul. Output dari regulator ini selain 5V juga menghasilkan tegangan 3,3 VDC (bisa dipakai untuk modul yang butuh input 3,3VDC)

Jadi 5 pin khusus power/daya ini pin VIN,5V,3.3V, dan GND.

B. Input Output

Jumlah pin Digital bisa digunakan sebagai input bisa juga sebagai output adalah 14 pin, beroperasi pada tegangan 5VDC dan mengeluarkan atau menerima arus sampai batas 40mA (20mA yang direkomendasikan) dan secara default memiliki resistor pullup internal 20-50k ohm (terputus secara default). Selain itu beberapa pin memiliki fungsi khusus yaitu :

  1. Pin sebagai komunikasi serial RX (Pin 0 ) dan TX (Pin 1)
  2. Pin interupsi eksternal (pin 2 dan 3), pin interupt yaitu pin yang diprioritaskan untuk dieksekusi terlebih dahulu. Dalam program dieksekusi oleh fungsi attachinterupt().
  3. Pin PWM (Pulse Width Modulation) pin yang dapat diatur lebar pulsanya. (misal biasanya digunakan untuk mengatur cepat lambat driver motor dc). Pin PWM yaitu pin 3, 5, 6, 9, 10, dan 11. Menyediakan output PWM 8-bit dalam program dengan fungsi analogWrite ().
  4. Pin komunikasi SPI (Serial Peripheral Interface), Pin 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK).
  5. Pin LED_BUILTIN (Pin 13), pin yang terhubung secara langsung dengan led yang ada pada modul arduino uno. Ketika pin bernilai HIGH (5V) maka led nyala,ketikan pin mati (0V) maka led mati.
  6. Pin TWI, pin A4 sebagai SDA dan A5 sebagai SCL atau bisa dikenal dengan komunikasi I2C.
  7. Pin Input Analog sebanyak 6pin yaitu pin A0 sampai dengan A5 dengan resolusi maksimal 10 bit (1024)
  8. Pin AREF. Tegangan referensi untuk input analog. Digunakan dalam program dengan fungsi analogReference ()
  9. Pin RESET. Berfungsi untuk setel ulang seperti saat baru pertama dinyalakan. Pin RESET ini aktif low.

C. Memori

Memori ATmega328 memiliki memori flash 32 KB (dengan 0,5 KB ditempati oleh bootloader), memori flash ini berfungsi untuk menyimpan program yang kita buat sedangkan bootloader ini file sudah dibuat oleh pabrik pembuat modul arduino . Ia juga memiliki 2 KB SRAM (memori yang digunakan untuk menjalankan program saat running/jalan) dan 1 KB EEPROM (yang dapat dibaca dan ditulis dengan meski modul arduino uno ini dimatikan).

D. Komunikasi

Seperti di bagian sebelumnya arduino uno mendukung beberapa komunikasi dari modul luar yaitu :

  1. Komunikasi Serial UART TTL 5V (pin 0 dan 1) bisa dihubungkan melalui usb arduino uno ke pc/laptop .
  2. Komunikasi I2C
  3. Komunikasi SPI

E. Pemrograman

Seperti halnya arduino lainnya, arduino uno dapat diprogram pada pc/laptop dengan software bawaan yaitu Arduino Software IDE. Pada arduino sudah diprogram dengan bootloader sehingga kita bisa mengupload program dari komputer/pc/laptop ke modul arduino uno menggukakan kabel usb langsung tanpa harus butuh perangkat programmer eksternal.

Dalam perkembangannya arduino uno juga berkembang dari beberapa versi dan jadi satu dengan modul atau shild lainnya seperti arduino uno wifi dll.

arduino uno wifi
arduino uno wifi

Harga original dari arduino uno ini sekitar 23$ atau dengan kurs rupiah 14rb total 322rb. Karena harga tersebut relatif ada yang keberatan maka muncullah arduino clonning dengan harga yang relatif lebih murah dibawah 100rb. Dan karena bersifat open source hardware ada banyak membuat modul arduino uno versi dengan minimum sendiri dengan mengisi ic ATMega328p dengan bootloader arduino uno.

Author: Musbikhin

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.