Fungsi Box MCB

Fungsi Box MCB

Salah satu komponen untuk menunjang dalam instalasi listrik yaitu Box MCB. Box MCB ini biasanya terdapat pada instalasi listrik di rumah rumah, di pabrik, di kantor dan dibanyak ruang yang terdapat instalasi listrik. Seperti namanya box mcb ini berfungsi sebagai tempat/kotak untuk menempatkan MCB agar instalasi listrik dapat bekerja lebih aman dan rapi. MCB itu sendiri yaitu alat untuk pengaman listrik dari arus singkat (short circuit) dan beban lebih. Karena fungsinya yang sangat vital maka mcb ditunjang dengan box MCB.

Box MCB ini memiliki banyak ukuran tergantung berapa banyak MCB yang akan ditempatkan. Besar ukuran mcb dalam dunia listrik dibedakan dengan grup. Ada Box MCB 1 Grup yang berarti box mcb ini hanya untuk 1 mcb. Ada box MCB 2 Grup yang berarti box mcb ini untuk 2 MCB. Ada juga box mcb 4 grup, 6 grup, 8 grup, 12 grup, 16 grup, 24 grup, 36 grup dst.

Box MCB di pasaran terdiri dari 2 model yaitu model inbow dan outbow. Model inbow yaitu box mcb yang menyatu ke dalam dinding. Sedang model outbow yaitu box mcb yang terpasang di permukaan dinding. Meskipun berbeda model box mcb ini memiliki fungsi yang sama. Dan terbagi menjadi 2 bagian. Yaitu bagian dalam yang menempel pada dinding kalo model inbow di dalam dinding kalo model outbow di permukaan dinding dan bagian luar yang cenderung hanya sebagai cover box mcb saja. Dalam box mcb terdiri dari rel/besi dudukan mcb untuk menempatkan mcb. Sedangan pada bagian dindingnya ada terminal konektor screw untuk menempatkan jalur pengkabelan.

Karena fungsinya yang penting maka pemilihan box mcb yang bagus sangatlah penting. Seperti box mcb Domae buatan schneider -yang memliki kualitas bagus seperti memiliki sertifikasi sesuai dengan standart IEC 60439.3 (EN 60-439-3).
-Proteksi kelas 2 terhadap kontak langsung.
-Tingkat proteksi sesuai dengan IEC 60529:IP 40, IP 41.
-memiliki desain yang menarik yang cocok untuk hotel, apartemen, ruko, dan rumah.
-Material isolasi dapat padam sendiri.
-Tingkat Proteksi terhadap kekuatan mekanis sesuai dengan EN 50-102 : IK 07.
-Ketahanan terhadap api dan panas sesuai dengan IEC 60695-2-1.

Serta Disuplai dengan
-2 penyangga terminal blok.
-2 terminal blok.
-4 lubang untuk boks panel 4 dan 6 modul.
-8 lubang untuk boks panel 8 dan 12 modul.
-Plat Penutup : 2 modul untuk boks panel 4, 6, 8. 4 modul untuk boks panel 12.
-1 set label penandaan, tersedia di aksesori.
-4 sekrup untuk pasangan permukaan.

Selain sebagai box atau rumah untuk mcb, box mcb juga berfungsi mempermudah dan pengaturan distribusi daya di setiap titik area atau ruangan. Agar dapat fokus pemakaian daya pada area tersebut. Hal tersebut terjadi pada bangunan/rumah yang membutuhkan daya listrik yang besar sehingga perlu pembagian daya listrik tiap ruangan.

Semoga bermanfaat.

Author: Musbikhin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.